Aksi Mahasiswa Tuntut Penuntasan Korupsi

Nurul Lazim (kiri), koordinator aksi damai AMPEKA (Fadhol-IDEA)


Semarang-IDEAPers.com-Rabu (02/04), Gedung rektorat IAIN Walisongo diserbu puluhan mahasiswa. Massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPEKA) itu, melakukan aksi damai menuntut penuntasan dugaan penggelapan dana Orsenik, penyelewengan dana honorarium, serta resitasi OPAK 2013.

Sebelum melakukan aksi, massa AMPEKA yang berasal dari berbagai elemen internal kampus ini, melakukan long march dari audit II kampus tiga sampai gedung rektorat. Sambil berorasi, mereka mengajak kawan-kawan mahasiswa di setiap fakultas untuk ikut serta dalam aksi.

”Aksi ini adalah puncak dari berbagai ketidakjelasan audiensi yang telah kita lakukan dengan pihak rektorat”, tutur Nurul Lazim, Koodinator aksi.

Sebelumnya, AMPEKA telah mengirim surat petisi kepada pihak birokrasi (10/03). Petisi tersebut berisi permohonan mendatangkan pihak-pihak yang diduga melakukan korupsi dalam kegiatan OPAK 2012-2013. Adapun pihak tersebut adalah Siswoyo (Ketua Opak 2012), Ahmad Munadzib (Ketua Opak 2013), Nila Farchati (BEM FU) dan beberapa pihak terkait lainnya.

Sedikitnya, ada empat poin permasalahan yang menjadi tujuan permohonan mendatangkan pihak-pihak tersebut. Pertama, terkait pembagian dana honorarium panitia OPAK yang tidak merata atau tidak sesuai nominal seharusnya. Kedua, pemotongan dana honorarium OPAK UKM-UKMI tanpa transparansi. Ketiga, penggelapan dana Orsenik fakultas Ushuludin. Keempat, in-transparansi penyaluran dan pengelolaan resitasi OPAK yang ditaksir mencapai 500 juta rupiah dan diduga ditumpangi organisasi ekstra.
Paska pengiriman petisi, sudah dilakukan tiga kali audiensi dengan pihak rektorat. Audiensi pertama (17/03), massa AMPEKA ditemui oleh wakil Rektor tiga, Darori Amin. Pihak rektorat tidak bisa mendatangkan pihak-pihak terkait. Sehingga diputuskan untuk membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) guna menyelediki masalah ini sampai tanggal 27 Maret. Audiensi kedua (27/03), juga tidak sesuai harapan. Kinerja TPF dinilai masih buruk, karena  tidak ada kejelasan dari proses penyeledikan yang berlangsung selama tujuh hari tersebut. Pun sama, audiensi ketiga TPF belum menghasilkan kesimpulan apa-apa (01/04).

Karena tidak ada kejelasan ini, massa AMPEKA pun menggelar aksi di depan gedung rektorat IAIN Walisongo. Awalnya, aksi berjalan damai. Karena sedang ada tamu luar negeri, Muhibbin Noor, Rektor IAIN Walisongo, tak bisa menemui massa. Aksi pun sempat ricuh selama 30 menit, dan akhirnya Muhibbin keluar. Ia menjelaskan bahwa TPF masih membutuhkan waktu lagi.

“Beri waktu maksimal sampai akhir April. Kita akan menyelediki lagi masalah ini secepatnya, dan saya akan memberi sanksi bila terbukti bersalah”, kata Muhibin.

Di sisi lain, Muhibin berterima kasih kepada AMPEKA. Karena telah mendukung programnya tentang kampus bebas korupsi.

Tidak ada korban luka dalam aksi ini. Namun pintu utama rektorat mengalami kerusakan ringan akibat kemarahan massa. (Fachry-IDEA)

KOMENTAR

Name

Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,552,cerpen,12,EkspreShe,16,Essay,31,Oase,53,Opini,57,Puisi,42,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Aksi Mahasiswa Tuntut Penuntasan Korupsi
Aksi Mahasiswa Tuntut Penuntasan Korupsi
http://1.bp.blogspot.com/-eh-Yywd5hgs/UzxSQsOKtcI/AAAAAAAAAVc/2CyoILGho7E/s1600/DSCF7898.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-eh-Yywd5hgs/UzxSQsOKtcI/AAAAAAAAAVc/2CyoILGho7E/s72-c/DSCF7898.JPG
IDEApers
http://www.ideapers.com/2014/04/aksi-mahasiswa-tuntut-penuntasan-korupsi.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2014/04/aksi-mahasiswa-tuntut-penuntasan-korupsi.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin