LPM IDEA Kritik Musisi Indonesia

Performance Fauzi (berdiri) sebelum membedah majalah. (IDA.)


IAIN-Idea News- Kebanyakan musisi Indonesia saat ini hanya mencari materi. Mereka bermusik hanya bermodalkan lirik yang disukai pasar atau kekreatifitasan yang berujung sensasi. Hanya segelintir saja pemusik yang berani berbeda dan lebih mengedepankan pesan yang akhirnya menghasilkan musik demi masa depan.

Itulah gambaran isi Majalah IDEA edisi 34 “Latah Musik Indonesia” yang dibedah Kamis (16/1) di depan gedung F1 Fakultas Ushuluddin pukul 08.30 WIB. Bedah majalah yang diterbitkan LPM IDEA Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo, Semarang itu diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas majalah IDEA.

“Dengan ini, kami ingin majalah IDEA menjadi lebih baik ke depannya,” papar Faiqoh Rosita Pemimpin Umum LPM IDEA.

Acara itu dihadiri puluhan mahasiswa. Selain mahasiswa Ushuluddin sendiri, hadir pula mahasiswa dari universitas lain, yaitu mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Dipenogoro (UNDIP), dan delegasi dari SKM Amanat dan LPM Missi. Namun disayangkan, animo mahasiswa dari ushuluddin cenderung minim. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang hanya mengambil majalah tanpa mengikuti acaranya. 

Muhamad Zubair Hasan, Pemimpin Redaksi LPM IDEA, menegaskan bahwa IDEA sebenarnya bukan hanya milik kru IDEA, tetapi milik bersama mahasiswa Fakultas Ushuluddin. Tiap mahasiswa berhak mengambil majalah yang terbit satu kali per semester itu.

“Karenanya, kritik dan saran dari mahasiswa kami harapkan, agar kami termotivasi supaya bisa mempersembahkan majalah yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga bisa terbit tepat waktu,” terang Zubair.

Cukup qualified

Majalah itu dibedah oleh Zainul Adzfar, salah satu doktor Fakultas Ushuluddin di bidang ilmu Filsafat, dan Ahmad Fauzi, penulis buku Agama Skizofrenia.

Zainul menuturkan, ideologi bisa membentuk corak musik suatu masa. Tetapi kecenderungan musik Indonesia saat ini terbalik. Justru musik yang membentuk ideologi masyarakat.

“Selain itu, ruang kontemplasi tidak ada pada musik saat ini. Padahal, seharusnya musik yang pada dasarnya mempunyai unsur estetika itu harus bisa menghadirkan sesuatu yang diatas rata-rata,” terang Zainul.

Terkait isi majalah, IDEA kali ini mengusung tema ideologi musik, tetapi tokoh yang diambil cenderung ke filsafat.

“Keilmuan tokoh seperti Wilde dan Adorno yang dituturkan dalam majalah lebih cenderung ke Filsafat,” tegas Zainul.

Adapun Fauzi menuturkan, karakter musik yang dibahas dalam majalah IDEA edisi 34 itu melulu musik untuk mendapatkan ketenangan dan harmoni. Padahal, sebenarnya ada musik yang mengandung unsur ekstase dan kemabukan seperti yang diusung oleh Nietze.

“Tetapi secara umum, analisis yang ada dalam majalah ini cukup qualified,” tutur Ahmad Fauzi.

Faiqoh Rosita, Pemimpin Umum LPM IDEA memaparkan behind scene pra pembuatan majalah edisi 34. Menurutnya, membahas tema musik, bagi redaksi, adalah tantangan yang cukup sulit. Salah satu kesulitannya adalah menentukan mau dibawa kemana arah dari tema yang diusung itu.

“Redaksi yang sama sekali tidak mempunyai background musik, harus mengkaji tema yang jauh dari keilmuan yang dipelajari di kampus itu. Dan akhirnya, inilah hasil karya kami.” Ungkap Faiq. [Qorina-IDEA]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,569,cerpen,13,EkspreShe,16,Essay,32,Oase,59,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: LPM IDEA Kritik Musisi Indonesia
LPM IDEA Kritik Musisi Indonesia
http://4.bp.blogspot.com/-qxf9ei-9RkM/UtiuGyKnbAI/AAAAAAAAARo/6qsKuDXpMmQ/s1600/DSCF5119.JPG
http://4.bp.blogspot.com/-qxf9ei-9RkM/UtiuGyKnbAI/AAAAAAAAARo/6qsKuDXpMmQ/s72-c/DSCF5119.JPG
IDEApers
http://www.ideapers.com/2014/01/kritik-musisi-indonesia.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2014/01/kritik-musisi-indonesia.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin