IAIN Tetap Terapkan UKT


Suasana audiensi di Audit I Kampus I IAIN Walisongo, Semarang


Semarang-IDEAPers.com- Senin (27/01), birokrat IAIN Walisongo mengadakan audiensi dengan mahasiswa angkatan 2013 terkait Uang Kuliah Tungal (UKT) di audit I kampus I IAIN Walisongo, Semarang. Audiensi tersebut merupakan lanjutan dari audiensi sebelumnya yang dilakukan pada Kamis (23/01) pasca demonstrasi yang dilakukan mahasiswa atas nama Keluarga Besar Mahasiswa Walisongo.

Dalam audiensi kali itu, Ruswan selaku wakil rektor bagian Keuangan dan Administrasi, menjelaskan secara detail tentang UKT dan rincian dananya. Menurutnya, sistem UKT sebenarnya lebih menguntungkan mahasiswa. Hal itu dikarenakan mahasiswa tidak akan terkena dampak fluktuasi harga. Juga karena harga semakin tahun nilainya cenderung meningkat.

“Dengan UKT, mahasiswa akan dituntut pembayaran yang sama dari tahun ke tahun.” Terangnya.

Meskipun telah dijelaskan sedemikian rupa, banyak mahasiswa yang masih tidak sepakat dengan pemberlakuan UKT. Salah satunya Fifit, mahasiswa fakultas Ushuluddin semester satu. Ia mengatakan, meskipun sudah dijelaskan seperti itu, mahasiswa banyak yang tidak sepakat karena dirasa berat. Apalagi keadaan sekarang banyak mahasiswa yang yang tertimpa musibah banjir.

“Kasihan mereka yang lagi kena musibah. Untuk mencukupi kebutuhan mereka saja kesulitan. Apalagi untuk membayar uang SPP yang meningkat karena UKT,” curhat Fifit di depan pejabat kampus.

Lain dengan Fifit, Hilmi dari fakultas Syari’ah mempermasalahkan sosialisasi UKT yang tidak maksimal. Buktinya, banyak mahasiswa yang tidak tahu menahu tentang UKT. Selain itu, tentang pembagian kelompok juga akan timpang, karena banyak mahasiswa yang tidak tahu penghasilan orang tuanya.

“Ada kemungkinan nanti akan terjadi ketidaksesuaian dengan data,” tutur Hilmi.

Ia juga menambahkan, menurutnya, dengan peraturan Menteri Agama (permenag) no. 96 tahun 2013 pasal 6 poin B, mahasiswa angkatan 2013 seharusnya tidak terkena sistem UKT. Pemberlakuannya seharusnya diterapkan pada mahasiswa angkatan 2014.

Dengan alasan apapun, dari pihak rektorat tidak bisa mengundur UKT dan akan diterapkan pada angkatan 2013 semester depan. “Kami hanya mensosialisasikan. Ini sudah menjadi undang-undang.” Jawab Ruswan.

Terkait masalah permenag tadi, Musahadi selaku wakil rektor bidang Akademik dan Kelembagaan menjelaskan, bila dirasa ada masalah dengan permenag tersebut, mahasiswa bisa mengajukan yudicial review kepada yang bersangkutan.

“Karena bila IAIN tidak menerapkan UKT, bisa terkena sanksi,” Tuturnya.

Dalam audiensi tersebut sempat terjadi ancaman dari mahasiswa akan mengadakan aksi besar-besaran. Namun ketika audiensi selesai, mereka menyadari usahanya tidak akan berhasil karena ini menyagkut undang-undang. 

“Meskipun kita melakukan seribu kali demo, tetap tidak akan behasil.” Ungkap Sabiq, mahasiswa Fakultas Syari’ah yang menjadi salah satu koordinator lapangan.

Muqsit, presiden BEM-F Ushuluddin menambahkan, terkait yudicial review, jika dosen IAIN serius mau membantu mahasiswa, maka para dosen itulah seharusnya yang membuat yudicial review tersebut.

“Tapi saya pesimis dengan hal itu. Dan meskipun benar terjadi, UKT akan sulit diganggu gugat. Mentoknya pada pembagian kelompok tadi.” Papar Muqsit. (gigih).

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,616,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: IAIN Tetap Terapkan UKT
IAIN Tetap Terapkan UKT
http://3.bp.blogspot.com/-iYl_bYzVipI/UugapANMaII/AAAAAAAAASY/VTAEJh2hH4s/s1600/poto+2.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-iYl_bYzVipI/UugapANMaII/AAAAAAAAASY/VTAEJh2hH4s/s72-c/poto+2.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2014/01/IAIN-terapkan-UKT.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2014/01/IAIN-terapkan-UKT.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin