Workhop Sastra Bersama Alex Komang


Serius: Peserta terlihat terlihat serius mendengarkan materi
dalam workshop sastrayang dilaksanakn oleh UKM Metafisis
Fakultas Ushuluddin, Sabtu (7/12).
IAIN-Idea News- Sabtu (7/12), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Metafisis menggadakan workshop sastra dengan tema "Sastra dan Teater". Acara tersebut bertempat di ruang sidang fakultas Ushuluddin. Peserta terdiri oleh puluhan mahasiswa, dosen dan beberapa tamu undangan perwakilan dari teater Asa Fakultas Syariah IAIN Walisongo.

Worshop yang dimulai sekitar pukul 09.00 itu merupakan salah satu agenda Metafisis di bidang pengembangan sastra. Materi disampaikan oleh Alex Komang, salah satu sastrawan sekaligus artis asal Jepara yang sekarang berdomisil di DKI Jakarta. 

Ia menjelaskan pentingnya sastra dalam kehidupan. Bahwa, sastra dapat membentuk perangai yang lembut dan memberikan kehalusan budi kepada seseoarang. "Bila ada sastrawan tidak luhu budi, berati dia sastrawan palsu," tambah Alex. 

Selain itu, Alex mengungkapkan pentingnya mengetahui teater, Pasalnya, teater memiliki kaitan erat dengan sastra. Terutama dalam hal tingkah laku seseorang, dimana,  dipengaruhi oleh sastra.

Peserta terlihat antusias mengikuti acara tersebut. Terbukti dalam worskshop tersebut tampak ramai dengan tanya jawab antar peserta dengan pemateri.

Baihaqi, ketua panitia mengatakan, sebagian besar peserta adalah calon yang akan  menjadi kru baru di teater Metafisis. Acara tersebut, kata Baihaqi, merupakan  rangkain dari angenda workshop calon kru baru Metafisis.

"Sebenarnya, untuk calon cru baru tidak hanya sebatas itu. Karena setelah workshop, setiap calon kru diberi tugas untuk membuat puisi yang nantinya harus dibacakan dan rencananya juga akan dibukukan," ungkap Ghozali, salah satu panitia yang lain. 

Mahmudah Nurul Rohmah, salah satu pererta menjelaskan tentang alur untuk menjadi kru Metafisis. Seperti keharusan untuk ikut serta dalam kegiatan yang dijadwalkan selama satu bulan.

"Dengan  masuknya kita (Mahmudah dan calon kru yang lain-red)  ke teater, kita akan bisa memahami dan menata kembali diri kita agar menjadi pribadi yang lebih baik," ujar mahmudah.

Mengutip perkatan Alex, Baihaqi mengatakan, "Sastra bila di dalami lebih dalam akan membentuk sebuah adab etika yang luhur bagi seorang itu," pungkasnya.

[Adeef Attaqoli/IDEA].

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,5,Berita,591,cerpen,14,EkspreShe,17,Essay,33,Oase,62,Opini,58,Puisi,44,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,18,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Workhop Sastra Bersama Alex Komang
Workhop Sastra Bersama Alex Komang
http://3.bp.blogspot.com/-ssfpZFZajWg/UqV4kKc2dNI/AAAAAAAAAOE/7I-xgG_VFhk/s320/sastra6.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-ssfpZFZajWg/UqV4kKc2dNI/AAAAAAAAAOE/7I-xgG_VFhk/s72-c/sastra6.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/12/workhop-sastra-bersama-alex-komang.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/12/workhop-sastra-bersama-alex-komang.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin