Kecewa Tidak Mendapat Beasiswa, Mahasiswa FUPK Lakukan Audiensi

Siti Fauziyah (berkerudung) ketika memberi penjelasan tentang beasiswa DIPA

Semarang-Idea News- “Pada tahun 2013 ini, beasiswa DIPA untuk mahasiswa baru tidak mungkin turun,” begitu ungkap Hasyim Muhammad, Wakil Dekan bagian Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo, Semarang, pada audiensi Senin (30/12) di gedung dekanat FU. Selain Hasyim, agenda yang dimulai pukul 14.00 WIB itu juga dihadiri oleh Dekan FU Nasihun Amin, Kasubag Kemahasiswaan IAIN Fauzin, Kasubag Keuangan IAIN Siti Nur Faizah, serta Wakil Rektor bagian Kemahasiswaan dan Kerjasama, Darori Amin.

Audiensi bersama mahasiswa Fakultas Ushuluddin Program Khusus (FUPK) angkatan IX atau 2013 yang ditemani beberapa pengurus asrama ini diselenggarakan sebagai respon dari munculnya regulasi baru dari pihak Kementerian Agama mengenai persyaratan beasiswa DIPA. “Mahasiswa yang menerima beasiswa diharuskan sudah mempunyai IPK, sedangkan mahasiswa 2013 tentu belum punya. Kalau dipaksakan, maka akan menjadi temuan dan akan dikasuskan,” terang Faizah, yang juga mengurusi beasiswa di IAIN.

Adapun Fauzin mengemukakan, bahwa jika beasiswa DIPA tidak turun, sebenarnya mahasiswa masih bisa mencari jalan lain. “Di IAIN masih ada  beasiswa-beasiswa yang lain, seperti Supersemar, Djarum, BI, dan yang lainya,” jelas pria lulusan Fakultas Dakwah itu. Apa yang dikatakan Fauzin itu juga diiyakan oleh Darori.

Hasyim menambahkan, bahwa ada resiko tentang beasiswa selain DIPA. “Tentu ada konsekuensi bagi mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa yang lain, yaitu harus bersedia melepaskan DIPA. Dalam artian, harus memilih salah satu beasiswa, tidak boleh mengajukan lebih dari satu. Tapi, menurut pengalaman, mahasiswa FUPK enggan mengajukan beasiswa yang lain, karena tidak ada jaminan dapat,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Estanu Wijaya, mahasiswa FUPK angkatan 2013, hanya ingin hanya solusi konkrit dari Dekanat. "Kami sangat kecewa, karena beasiswa adalah salah satu semangat kami di Ushuluddin, khususnya FUPK, karena itu sudah menjadi janji dekanat saat sosialisasi dulu,” keluh Estanu.

Hal senada juga diungkapkan Ainul Yaqin, teman sekelas Estanu, “Kami hanya ingin solusi untuk menggantikan beasiswa yang tidak jadi cair semester ini.” Ungkapnya.

Nasihun sebenarnya juga kaget ketika mengetahui tentang regulasi baru itu. “Tentu hal ini juga menjadi sentakan bagi kami. Ke depannya, kami akan mendesak rektorat untuk segera mengurusi masalah beasiswa ini agar bisa cair semester depan. Mungkin di bulan-bulan awal tahun 2014,” terangnya. Ia menambahi, pada awal tahun 2014, mahasiswa angkatan 2013 sudah memasuki semester kedua dan sudah punya IPK. Jadi beasiswa bisa diusahakan. Hal ini juga diamini oleh Faizah dan Hasim.

“Yang jelas, beasiswa DIPA tahun 2014 pasti cair, karena sudah dianggarkan. Yang belum pasti adalah di bulan awal atau akhir. Namun, kami akan berusaha semaksimal mungkin. Semoga saja bisa di bulan Februari atau Maret,” terang Faizah.

Meskipun  demikian, bagi sebagian mahasiswa hal ini masih janggal. Seperti yang diungkapkan oleh Ahmad Muzaqqi, Ketua Asrama FUPK, “Kalau memang yang terjadi demikian, saya kira masih ngambang. Dalam artian, ini masih usaha, belum ada kepastian. Apa ada rencana lain, seumpama beasiswa tidak dapat cair di semester depan?”

Menanggapi hal tersebut, Hasyim menjawab, “Kita hanya bisa menunggu. Ya, ditunggu saja sampai cair.” [Jeez/IDEA]

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,615,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Kecewa Tidak Mendapat Beasiswa, Mahasiswa FUPK Lakukan Audiensi
Kecewa Tidak Mendapat Beasiswa, Mahasiswa FUPK Lakukan Audiensi
http://2.bp.blogspot.com/-oV1Fgd82cZQ/UsJyxNhhDYI/AAAAAAAAAPU/oq-0qFdfYsE/s320/SAM_6980.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-oV1Fgd82cZQ/UsJyxNhhDYI/AAAAAAAAAPU/oq-0qFdfYsE/s72-c/SAM_6980.JPG
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/12/mahasiswa-fupk-kecewa-perkara-beasiswa.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/12/mahasiswa-fupk-kecewa-perkara-beasiswa.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin