Solihan: Tak Ada Jurnal IAIN Walisongo yang Lolos Akreditasi

Serius: Khaeroni sedang menjelaskan penilaian dalam akreditasi jurnal di sesi pertama
Sarasehan Nasional Jurnal Dakwah, Kamis (14/11).
(Foto: Zuha/IDEA)

NGALIYAN - Idea News - Kamis (14/11), sekitar 30 pimpinan jurnal dakwah Perguruan Tinggi Agama Islam se-Jawa berkumpul di audit satu lantai dua Institut Agama Islam Negeri  Walisongo (IAIN-Ws) Semarang. Mereka menghadiri acara Sarasehan Nasional Pengelola Jurnal Dakwah di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam se-Jawa yang diadakan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fakdakom) IAIN-Ws. Acara itu dimulai pukul 08.40 dan selesai pukul 15.00.

Solihan, ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), menuturkan, nasib jurnal ilmiah IAIN-Ws sangat memprihatinkan.  Saat ini, tidak ada jurnal di lingkungan Walisongo yang lolos akreditasi. Teologia, jurnal Fakultas Ushuluddin, adalah jurnal terakhir di IAIN-Ws yang pernah terakreditasi. Tetapi saat akreditasi yang terakhir, akreditasi Teologia gagal . 

“Aturan dari Kementerian Agama yang berubah-ubah menjadi kendala utama dari masalah tersebut,” tutur Solihan.

Ahmad Faqih, Pemimpin Redaksi (pemred) Jurnal Ilmu Dakwah Fakdakom, juga menuturkan hal yang sama. Diantara latar belakang diadakannya acara itu karena memandang keadaan jurnal dakwah yang memprihatinkan. Untuk menyelesaikan masalah ini, menurut Faqih, perlu dibangun komunikasi antar pengelola jurnal, dalam hal ini, jurnal dakwah PTAI se-Jawa.

Acara ini terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama diisi oleh Kepala sub Direktorat (Kasubit) Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Kementerian Agama, Khaeroni. Dalam presentasinya, ia menjelaskan tentang kebijakan peningkatan mutu jurnal ilmiah di PTAI.  Ia juga banyak bicara tentang poin-poin yang harus dipenuhi supaya sebuah jurnal mendapatkan nilai minimal B dalam akreditasinya. 

“Tidak seperti dulu, sekarang nilai C dianggap tidak lolos akreditas,” terang Khaeroni.

Sesi kedua diisi oleh Saptoni, Sekretaris Editor Jurnal al-Jami’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogjakarta, salah satu jurnal yang terakreditasi A. Ia menuturkan, kendala utama dalam pembuatan jurnal adalah mencari penulis yang berkualitas. Untuk menyiasatinya, diperlukan adanya jaringan yang luas.

Menurut Saptoni, forum seperti sarasehan ini sangat penting. Tapi ia mengingatkan, jangan sampai acara ini tidak ada tindak lanjut yang riil seperti yang sudah-sudah. “Kemenag pernah membuat sampai dua kali milis online khusus pengelola jurnal, agar mereka bisa saling berbagi tulisan. Tetapi sekarang forum itu sudah mati semua.” Jelas Saptoni.


Sesi terakhir diisi langsung oleh pemred Jurnal Ilmu Dakwah. Ia memimpin langsung sesi yang membahas strategi peningkatan mutu jurnal itu. Menurtnya, jaringan adalah kunci utama untuk meningkatkan dan mengoptimalkan jurnal dakwah. 

“Posisi jurnal sangat penting dalam PTAI. Karena itu, jurnal harus dioptimalkan supaya bisa berkembang lebih baik,” tutur Faqih. [Zuha/IDEA]

KOMENTAR

BLOGGER: 3
Loading...
Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,569,cerpen,13,EkspreShe,16,Essay,32,Oase,59,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Solihan: Tak Ada Jurnal IAIN Walisongo yang Lolos Akreditasi
Solihan: Tak Ada Jurnal IAIN Walisongo yang Lolos Akreditasi
http://1.bp.blogspot.com/--UDcKEhiLSM/UoSHvD7rxTI/AAAAAAAAAKk/aE-ah5yU_nk/s400/DSCF0455.JPG
http://1.bp.blogspot.com/--UDcKEhiLSM/UoSHvD7rxTI/AAAAAAAAAKk/aE-ah5yU_nk/s72-c/DSCF0455.JPG
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/11/solihan-tak-ada-jurnal-iain-walisongo.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/11/solihan-tak-ada-jurnal-iain-walisongo.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin