Belum Setahun Lahir, KMP Raih Prestasi


Ushuluddin­ - Idea News - Kelompok Mahasiswa Peneliti (KMP) dari jurusan Tafsir Hadits (TH) Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang, pada Kamis (7/11) mengadakan Bedah Penelitian. Penelitian yang berjudul Perpindahan Sanad (Tahwil al-Sanad) dalam Periwayatan Hadits tersebut ditulis oleh Muhammad Akmaluddin, Konsultan KMP TH. Acara yang dihadiri puluhan mahasiswa Ushuluddin ini di selenggarakan di Ruang Sidang Fakultas Ushuluddin.

Penelitian ini merupakan hasil penelitian individu mahasiswa dari program yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) IAIN Walisongo. Akmal menuturkan, waktu yang diberikan untuk penelitian adalah empat bulan. Tetapi karena dana yang tak kunjung turun dari penyelenggara, ia hanya mempunyai setengah dari waktu yang ditentukan.

“Dalam waktu dua bulan itu, saya berhasil meneliti lebih dari 2.200 hadits yang berasal dari Kutub al-Sittah, kecuali Muwatha’ Malik, yang merupakan objek penelitian yang saya kaji,” paparnya.

Selain Akmal, Mukhamad Zulfa yang juga konsultan KMP-TH juga telah melakukan penelitian yang diadakan LPPM itu. Rencananya, penelitian Zulfa juga akan dibedah dalam waktu dekat.

Zainal Abidin, ketua KMP-TH, menuturkan, tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memperkenalkan eksistensi KMP, baik di lingkungan Fakultas Ushuluddin sendiri, maupun di luar Fakultas Ushuluddin. 

“Karena KMP sebagai sebuah lembaga termasuk organisasi masih muda karena baru dilaunching Maret lalu,” tutur Zainal Abidin.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Nasihun Amin, selaku pembuka acara sangat mengapresiasi acara tersebut. Ia menuturkan, umur KMP belum genap satu Tahun, tapi sudah mempunyai prestasi. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa ditiru oleh jurusan lain. 

“Karena penelitian adalah pintu untuk pengembangan ilmu,” kata Nasihun.

Tampil sebagai pembedah, Hasan Asy’ari Ulama’I, salah satu ahli hadis FU. Dalam pembedahannya, ia memberikan beberapa catatan untuk hasil penelitian tersebut. Ia menyatakan perlunya memasukkan unsur manfaat dari objek penelitian. 

“Tetapi secara keseluruhan, isi penelitian sudah komprehensif, dan sistematis,” tambah Hasan 

[Ika/Zuha/IDEA].

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,615,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Belum Setahun Lahir, KMP Raih Prestasi
Belum Setahun Lahir, KMP Raih Prestasi
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/11/belum-setahun-lahir-kmp-raih-prestasi.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/11/belum-setahun-lahir-kmp-raih-prestasi.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin