Rasa Bosan Tak Menyurutkan Semangat Afifah Ikut PJS

Evaluasi: Salah seorang peserta Pelatihan Jurnalisme Sastra (PJS) LPM IDEA sedang
mempresentasikan hasil liputannya dalam evaluasi bersama, Minggu (27/10).
(Foto: Sael/IDEA)

Sekitar satu setengah jam lamanya, Nur Afifah (21) menunggu mobil yang akan mengantarkannya ke lokasi Pelatihan Jurnalisme Sastra  (PJS) lantaran lampu kendaraan itu tidak dapat menyala seperti biasanya. Pemberangkatan yang dijadwalkan jumat malam (25/10) ba’da Magrib akhirnya molor. Mobil cold warna putih bernomor polisi K 9097 TB milik universitas baru bisa berangkat dari kampus Universitas Nahdlatul Ulama (UNISNU), Tahunan Jepara sekitar jam 20.00 WIB, Jum’at malam (25/10). 

Rombogan tiba di lokasi pelatihan, kampus satu IAIN Walisongo Semarang sekitar jam 11 30 WIB.


Afifah dan kawan-kawannya sempat merasa bosan ketika menunggu mobil yang akan mengantar mereka masih dibawa ke bengkel untuk diperbaiki. Namun semangat Afifah tidak menurun untuk tetap mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) IDEA Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang. Di ruang tamu Wisma, Minggu (27/10), Afifah bercerita, salah satu temannya tidak jadi ikut pelatihan karena tidak sabar menunggu. Mahasiswa semester awal yang bernama Lutfi itu pulang kerumahnya di daerah mantingan, Jepara, meninggalkan Afifah dan 14 orang temanya.


“Kenapa kamu tidak pulang juga seperti lutfi?”tanya reporter IDEA di ruang tamu Wisma, di sela-sela ngobrol santai siang.

“Ya, seperti yang saya katakan tadi itu mas, tertarik untuk mengikuti pelatihan”ujar peserta dari LPM IDEA itu.

Afifah mengatakan, baru pertama kali ia mengikuti pelatihan jurnalisme sastra. Sebelumnya, ia hanya mengikuti pelatihan jurnalistik dasar yang dilaksanakan oleh LPM-nya. Dari pelatihan ini, Afifah mengaku, banyak ilmu yang telah didapatkan dari pelatihan yang berkaitan dengan kepenulisan ini, khususnya jurnalisme sastra.

“Terutama dari pemateri yang pertama  mas Wisnu Nugroho. Seru !”katanya

Pelatihan jurnalisme Sastra yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (26/27), menghadirkan Redaktur Kompas Wisnu Nugroho dan Direktur Yayasan Pantau Imam Shofwan sebagai pembicara. Berdasarkan rown down acara, pelatihan dimulai jam 07.00 WIB dan berakhir  hari minggu jam 17.00 WIB.

Pada hari pertama, peserta dibekali dengan materi berkaitan dengan jurnalisme sastra, mulai dari sejarah,  aturan dan tatacara penulisannya. Dilanjutkan pada hari kedua, peserta ditugaskan hunting berita di sekitar Ngaliyan yang dibagi menjadi empat kelompok, dilanjutkan dengan penulisan hasil wawancara dan evaluasi hasil peliputan.

Senada dengan Afifah, Alfiatul Imaniyah (18), satu-satunya peserta dari LPM Dinamika Universitas Wahid Hasyim, mengatakan, tertarik dengan pelatihan jurnalisme sastra. Informasi itu ia dapat dari salah satu seniornya.

Mendengar kabar itu,  Alfi merasa senang. Sesuai dengan keinginannya, mahasiswa asal kendal itu ingin menjadi seorang penulis.

“Ini adalah langkah awal untuk menggali potensi saya,”ujarnya ketika diwawancarai di audit 1 lantai 2 kampus 1 IAIN Walisongo Semarang, Minggu (27/10), sesaat, sekitar 15 menit sebelum sharing antara peserta dan panitia diakhiri oleh ketua panitia PJS, Ulin Nuha.

Sama dengan Afifah, Alfi baru pertama kali mengikuti pelatihan jurnalisme sastra.“Banyak ilmu yang saya dapat, mengetahui seluk-seluk beluk tentang jurnalisme sastra. Dan apa yang saya lihat mudah ternyata sulit”katanya

Ketua panitia Ulin Nuha mengatakan, pelatihan jurnalisme sastra yang bekerja sama dengan Epicentrum Kebangsaan itu tak lain untuk memperkenalkan sekaligus memberikan pemahaman yang mendalam bagaimana penulisan jurnalisme sastra.

“Karena, untuk area Semarang sendiri masih jarang ada pelatihan-pelatihan tersebut”katanya ketika ditemui di Wisma Walisongo, minggu (27/10).

Ulin berharap, dengan pelatihan ini, disamping memberikan pemahaman yang mendalam, peserta juga dapat menularkan ilmunya kepada teman-temannya yang lain di LPM masing-masing.

“Jurnalisme sastra termasuk jurnalisme yang agak rumit. Sehingga untuk mempelajari jurnalisme ini di butuhkan dasar yang kuat di jurnalistik dasar,”tambahnya.

Namun, ulin sedikit menyayangkan jumlah peserta yang terbilang minim. Dalam daftar hadir, pelatihan ini hanya diikuti oleh 17 peserta. Ke-17 peserta itu perwakilan dari Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M) Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang berjumlah 3 orang, LPM Missi Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo berjumlah 2 orang, Surat Kabar Mahasiswa (SKM) Amanat IAIN Walisongo berjumlah 1 orang, LPM Menteng Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) berjumlah 1 orang, LPM Dinamika UNWAHAS berjumlah 1 orang, LPM Bursa dan LPM IDEA Universitas Nahdlatul Ulama (UNISNU), Jepara berjumlah 7 orang dan LPM IDEA sendiri sebagai penyelenggara berjumlah 3 orang.

Afifah berharap, pelatihan-pelatihan seperti ini tidak hanya di IDEA saja. “Saya ingin ada pelatihan serupa yang dapat saya ikuti selanjutnya”ujar Afifah[Sael/IDEA]

KOMENTAR

BLOGGER: 3
Loading...
Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,16,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Rasa Bosan Tak Menyurutkan Semangat Afifah Ikut PJS
Rasa Bosan Tak Menyurutkan Semangat Afifah Ikut PJS
http://4.bp.blogspot.com/-Me9Zmf9UvXM/Um0saUItvyI/AAAAAAAAAJk/hiGMMj_aNfw/s400/DSCF7724.JPG
http://4.bp.blogspot.com/-Me9Zmf9UvXM/Um0saUItvyI/AAAAAAAAAJk/hiGMMj_aNfw/s72-c/DSCF7724.JPG
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/10/rasa-bosan-tak-menyurutkan-semangat.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/10/rasa-bosan-tak-menyurutkan-semangat.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin