Permintaan LPJ Tidak Direspon BEM, SMF Pilih LPJ Tertutup



NGALIYAN - Permintaan audensi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) lanjutan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) terkait anggaran dana ORSENIK 2013 Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang tidak mendapat respon positif. Permintaan itu dilakukan oleh Firman sebagai mahasiswa Fakultas Ushuluddin yang ikut membantu melatih atlit PASKIBRA melaui postingan di Group Facebook Peduli FU tertanggal 19 Oktober.

Akhirnya, LPJ yang akan dilaksanakan pada hari Senin (21/10) itu gagal dilaksanakan. Firman mengaku, sebenarnya memang belum ada kesepakatan terkait LPJ tersebut. Permintaan itu ia lakukan karena BEM sudah melewati batas waktu yang disepakati pada forum audensi sebelumnya.

Firman mengatakan, sebelumnya, dirinya juga telah mengkonfirmasi Syaifudin Hamzah dan Muhafidz selaku Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) untuk mengabarkannya kepada BEM. Namun, sampai waktu yang ditentukan senat belum mendapat respon dari BEM.

“Saya sudah menghubungi Nila (Ketua BEM_red) via sms, namun tak ada konfirmasi,”ujarnya menirukan Hamzah, Senin, (21/10).

Informasi yang dihimpun IDEA, LPJ lanjutan berdasarkan kesepakatan dalam forum audensi tuntut transparansi dana anggaran orsenik Senin (07/09) yang lalu yang dianggap kurang memuaskan. Dalam forum itu disepakati, bahwa LPJ lanjutan sekaligus pencairan kekurangan dana bagi seluruh cabang lomba selambat-lambatnya harus dilakukan tanggal 10 oktober 2013.

Pengurus BEM bagian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PPSDM) Umi Daris Salamah ketika di hubungi via sms, rabu (23/10), mengiyakan bahwa dirinya telah diminta firman untuk mengabarkan akan diadakannya LPJ lanjutan. Namun ia tidak menyanggupinya dan tidak menyampaikannya kepada Penanggung Jawab (PJ) lomba ORSENIK yang lain. Daris mengatakan, dirinya tidak punya kewenangan untuk itu.

“Saya tidak punya wewenang untuk tiba-tiba mengumpulkan semua kawan-kawan lembaga sak penake dewe”katanya

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, kewenangan LPJ berada di tangan Senat Mahasiswa Fakultas (SMF). Hal senada juga diungkapkan Daris.

LPJ Tertutup

Menanggapi hal ini Ketua SMF Muhafidz mengatakan, pada hari itu dari pihak senat memang tidak mengadakan LPJ.

Dari kami senat memang tidak mengadakan. Itu yang mengajak mas firman. Saya ada acara kayak gitu pun, dari kami senat tidak tahu. mas Firman tidak lapor pada kami,” katanya ketika di temui di PKM Fakultas Ushuluddin, kamis malam (23/10).

Muhafidz menjelaskan, sebelum tanggal 10 oktober pihak senat sudah sepakat akan mengadakan LPJ secara tertutup. Secara teknis, seluruh PJ akan dimintai nota dari dana yang sudah dibelajakan yang selanjutnya akan diolah oleh bagian auditing keuangan senat.

Namun, setelah sampai pada waktu yang disepakati, presiden BEM tidak bisa melakukan LPJ dengan alasan pergi ke rumah sakit. Muhafidz mengaku juga telah menghubungi beberapa orang dari BEM, namun tidak ada yang bisa saat itu.

“Sebenarnya saya juga mangkel. Wes tak fasilitasi koyo ngene, tapi nyatanya malah seperti itu,” keluhnya.

Untuk selanjutnya, Muhafidz menjelaskan, dalam masalah ini, dari senat mungkin masih akan melakukan LPJ secara tertutup. Walaupun, pihaknya juga merasa khawatir, LPJ tertutup akan berimbas pada senat, yaitu akan adanya anggapan negatif dari mahasiswa terhadap senat.

“Ini akan dibicarakan lagi dari pihak senat, rembuk-rembuklah. Misalkan dari teman-teman masih minta LPJ seperti kemarin, maka saya harus berkordinasi dengan pihak atas (pihak dekanat_red)”

Kepada mahasiswa, Muhafidz berharap agar tidak semakin memanaskan suasana. “Kita jangan panas dulu. Teman-teman senat tetap mau mengawal. Selama ini memang banyak yang mengira bahwa senat tidak kerja. Itu tidak benar, karena senat kerjanya memang tertutup”terang mahasiswa asal kebumen itu.

Jangan Berlarut-larut

Firman meminta kepada BEM agar tidak membiarkan masalah ini berlarut-larut. “Jika masalah ini dibiarkan berlarut-larut, justru akan semakin banyak orang yang mencurigai. Dan jika tidak segera dituntaskan, maka akan berdampak negatif yang berkelanjutan,” katanya.

Menurut Firman, dengan kondisi seperti ini tidak dapat dipungkiri juga mahasiswa baru akan marah. “Kasihan juga para mahasiswa baru yang sampai saat ini belum diadakan OPAK party. Padahal fakultas lain sudah dilaksanakan,” katanya.

Kepada SMF, mahasiswa asal tegal itu menyatakan siap membantu SMF jika merasa kualahan. Hal ini juga berkaitan dengan dana untuk masing-masing PJ juga sampai saat ini belum dicairkan.

Sampai berita ini diturunkan, Presiden BEM belum bisa memberi keterangan terkait LPJ 
yang menjadi tanggung jawabnya. [Ivo/Sael/IDEA]

KOMENTAR

BLOGGER: 3
Loading...
Name

Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,552,cerpen,12,EkspreShe,16,Essay,31,Oase,53,Opini,57,Puisi,42,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Permintaan LPJ Tidak Direspon BEM, SMF Pilih LPJ Tertutup
Permintaan LPJ Tidak Direspon BEM, SMF Pilih LPJ Tertutup
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/10/permintaan-lpj-tidak-direspon-bem-smf.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/10/permintaan-lpj-tidak-direspon-bem-smf.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin