Media Tidak Boleh ditumpangi Kepentingan Pemilik Modal

NGALIYAN-IDEA News- "Media itu membentuk opini publik” demikian salah satu komentar dari Dra. Hj Siti Solikhati, MA. sebagai salah satu pembicara dalam acara diskusi publik yang diadakan oleh LPM IDEA Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang, jum’at (27/9). Acara tersebut terselenggara atas kerjasama LPM IDEA dan Forum TEMPO Jateng.

Dalam diskusi yang bertajuk “Politik dan Media Massa: Menelisik Media Sebagai Alat Politik, dosen komunikasi di fakultas Dakwah dan Komuikasi IAIN Walisongo itu menuturkan beberapa poin pembahasannya terkait media massa. Di antaranya, media massa sebagai kepanjangan alat indera manusia, komunitas media massa, keuniversalitasan media massa dan media massa dan political branding.

Secara teoritis media massa memiliki kekuatan untuk menggiring opini publik melalui peran fungsionalnya sebagai alat informasi, edukasi, persuasi, hiburan, dan pengawasan sosial. Namun praktisnya dalam dunia politik, media massa tidak hanya digunakan untuk menggiring opini publik, tetapi juga digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pihak yang berkepentingan. Semisal dalam melakukan political brandingujarnya di degung Pusat Bahasa dan Budaya IAIN Walisongo Semarang.

Lebih Lanjut ia mengatakan, bahwa media massa sudah kehilangan salah satu karakter pentingnya yaitu “universal” dalam menyajikan informasi. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pemilik modal. Semisal kampanye yang disiarkan berkali-kali dalam media yang membuat sebagian orang justeru risih melihatnya.

Pembicara lain Muhammad Saronji mengatakan, bahwa siapa yang menguasai informasi publik, dia akan memenangkan opini publik. Ia dengan jelas mencontohkan, dalam lingkup jawa tengah, tentang kekalahan Bibit Waluyo dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah. Hal ini karena ia tidak bisa memainkan informasi publik (gaptek).

Jika pas, dalam memanfaatkan ada campur tangan media, maka dampaknya akan sangat positif. Namun jika salah, justeru akan jadi sebuah bumerang tegas pembicara dari Persatuan Wartawan Indoensia itu.

Siti Solikhati berharap, perlu adanya upaya untuk membangun kesepakatan bersama, bahwa sifat universalitas serta fungsi utama media massa tidak bisa seenaknya dilanggar oleh siapapun demi kepentingan politik pemilik modal/media. (Ivo/IDEA)

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,552,cerpen,12,EkspreShe,16,Essay,31,Oase,53,Opini,57,Puisi,42,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Media Tidak Boleh ditumpangi Kepentingan Pemilik Modal
Media Tidak Boleh ditumpangi Kepentingan Pemilik Modal
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/09/media-tidak-boleh-ditumpangi.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/09/media-tidak-boleh-ditumpangi.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin