Nasihun: FUPK-Reguler Berijazah Sama

NGALIYAN – Sejak tahun 2005, Fakultas Ushuluddin (FU) IAIN Walisongo Semarang membuka program uggulan yang bernama Fakultas Ushuluddin Program Khusus (FUPK). Kelebihan program ini adalah perkuliahannya disampaikan dengan bahasa Arab dan Inggris. Tugas kuliah sampai skripsi atau tugas akhir peserta program ini pun harus ditulis dengan bahasa Arab atau Inggris.

Pada awalnya, FUPK hanya terdiri dari satu jurusan, Tafsir-Hadis (TH). Tetapi mulai tahun 2009, mulai dibuka FUPK untuk jurusan Akidah-Akhlak (AA).

Tetapi karena sepi peminat, untuk penerimaan mahasiswa tahun ini FU hanya membuka kelas FUPK-TH. Dari sekitar 45 pendaftar FUPK gelombang pertama, ada 22 calon mahasiswa yang lolos seleksi jurusan TH. Adapun kelas AA tidak dibuka karena tidak ada yang masuk kualifikasi. Bahkan sampai pendaftaran FUPK gelombang kedua pun, FU hanya mendapat tambahan empat calon mahasiswa FUPK-TH.

“Sebenarnya ada satu pendaftar AA yang lolos seleksi. Tetapi kami tidak mungkin membuka kelas yang hanya berisi satu mahasiswa,” ujar Nasihun Amin, Dekan FU ketika dikonformasi Jum’at (2/8).

Tidak dibukanya kelas AA untuk tahun ini dibenarkan oleh Zainul Adzfar, Ketua Jurusan Akidah-Filsafat (AF). Ia menuturkan, standar kompetensi yang dibutuhkan untuk calon mahasiswa AA cukup tinggi, jadi banyak yang tidak lolos. “Mungkin kami terlalu idealis. Tetapi kalau hal itu tidak kami berlakukan, mahasiswa akan kesulitan di pertengahan kuliah nanti,” terang Zainul.

Nasihun menegaskan, tidak dibukanya kelas AA pada tahun ini bukan berarti ditutupnya jurusan AA. “Tahun depan kami akan tetap membuka pendaftaran FUPK-AA,” jelas Nasihun.


Tahap Kedua: Terlihat pengumuman seleksi FUPK tahap II yang hanya berisi empat calon mahasiswa



Ijazah sama dengan reguler

Ketika dikonfirmasi terkait ijazah lulusan FUPK, Kerwanto, alumni FUPK angkatan 2006, mengaku ijazahnya sama dengan mahasiswa reguler. Dalam arti, tidak ada bukti bahwa lulusan yang dimaksud, walaupun bukan kuliah di jurusan bahasa, tetapi mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam dwi bahasa Arab dan Inggris.

“Yang membedakan ijazah saya dengan mahasiswa reguler hanya nama mata kuliahnya. Karena kurikulum yang dipakai memang berbeda,” tutur pria berkacamata ini. Rikza Muqtada, alumni FUPK yang sekarang menempuh S2 di UIN Yogyakarta, pun mengaku ijazahnya sama dengan mahasiswa reguler.

Nasihun membenarkan hal tersebut. Di ijazah lulusan FUPK, sejak angkatan pertama, tidak ada keterangan terkait lulusan yang dimaksud peserta program FUPK atau tidak. Hal itu tejadi karena Ijazah yang mengeluarkan pihak rektorat. Jadi semua dipukul rata.

“Kami sudah merencanakan akan memberi sertifikat tambahan untuk lulusan FUPK. Tetapi belum sempat membahasnya secara intens,” terang Nasihun. (Zubair).

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,552,cerpen,12,EkspreShe,16,Essay,31,Oase,53,Opini,57,Puisi,42,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Nasihun: FUPK-Reguler Berijazah Sama
Nasihun: FUPK-Reguler Berijazah Sama
http://2.bp.blogspot.com/-CcuOXG7Fgi4/Ufx1Zti0s9I/AAAAAAAAAFE/kFYE3JyDBaY/s320/SPM_A0514.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-CcuOXG7Fgi4/Ufx1Zti0s9I/AAAAAAAAAFE/kFYE3JyDBaY/s72-c/SPM_A0514.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/08/nasihun-fupk-reguler-berijazah-sama.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/08/nasihun-fupk-reguler-berijazah-sama.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin