Tafsir: Sesat itu Klaim Mayoritas

NGALIYAN - “Islam yang betul adalah Islamnya Muhammad, Islam yang damai dan toleran”. Hal itu disampaikan oleh M. Syaeful Uyun, anggota Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Ahmadiyah dalam Dialog Sapa Damai dengan Tema “Wajah Ahmadiyah dalam Islam Indonesia” oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang Selasa sore (16/7) di Gedung E kampus II IAIN-Ws Semarang.
Foto: Arifin-Idea

Syaeful juga menambahkan, dalam kamus Ahmadiyah tak ada istilah berontak. “Ahmadiyah selalu mengkampanyekan loyalty, freedom, equality, respect, dan peace di penjuru dunia,” tuturnya.
Menurut Syaeful, ada banyak hal yang dituduhkan pada Ahmadiyah, seperti Muhammad bukan nabi terakhir dan Ahmadiyah yang mempunyai kitab suci sendiri yang dinamakan Tadzkirah. Semua tuduhan itu menurutnya tidak benar. Rukun Iman dan Islam bagi Ahmadiyah sama dengan golongan Islam lain.  Syahadat yang diucapkan pun sama dengan yang lain. “Kalau Ahmadiyah salah, tidak mungkin saya bertahan sampai sekarang,” ujar Syaeful.
Dialog yang tetap berjalan meski “alarm” berbuka puasa telah berkumandang itu oleh Ahmad Afnan Anshori, Sekretaris Jurusan Perbandingan Agama, merupakan salah satu cara untuk mengatasi konflik. “Karena konflik kerap terjadi disebabkan perbedaan pendapat dan tidak memahami satu sama lain,” jelasnya waktu membuka acara.
Hadir sebagai pembanding, Tafsir, dosen Perbandingan Agama. Menurutnya, klaim sesat yang disematkan pada jama’ah Ahmadiyah karena mereka minoritas. Kalau mereka mayoritas, tak akan timbul konflik dengan yang lain. “Sesat itu menurut mayoritas, bukan menurut Allah. Kita tak bisa mengatakan Ahmadiyah sesat ketika berada di Inggris, karena mayoritas Muslim Inggris beraliran Ahmadiyah,” ungkapnya.

Tafsir melanjutkan, perbedaan pendapat dalam Islam tak akan berhenti karena al-Qur’an, sumber utama umat muslim, merupakan teks bisu. Manusia hanya bisa meraba-raba kebenaran, karena kebenaran sejati hanya milik Allah. “Kalau ada tiga atau lebih pendapat yang berbeda, hanya ada dua kemungkinan. Benar satu atau salah semua,” tegasnya. (Zubair).

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,16,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Tafsir: Sesat itu Klaim Mayoritas
Tafsir: Sesat itu Klaim Mayoritas
http://1.bp.blogspot.com/-9XcCaoYEA8o/UeXjpZh85LI/AAAAAAAAACM/dsjKfa20Q9U/s320/dikusi+ahmadiyah.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-9XcCaoYEA8o/UeXjpZh85LI/AAAAAAAAACM/dsjKfa20Q9U/s72-c/dikusi+ahmadiyah.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/07/tafsir-sesat-itu-klaim-mayoritas.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/07/tafsir-sesat-itu-klaim-mayoritas.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin